Mengasah Softskill Guru di Era Teknologi 4.0, GenEd Gandeng Dinas Pendidikan Kota Bandung

Dipublikasikan : Selasa, 2 Agustus 2022

Oleh Muh. Suluh Jati 


Guru akan mendapatkan pelatihan intensif tentang 4 kompetensi khusus

Halo Generasi Gemilang,

GenEd terus mewujudkan mimpinya untuk mendukung para guru sebagai garda pendidikan terdepan untuk terus meningkatkan softskill di era teknologi ini. Salah satunya dengan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung yang baru-baru ini dilakukan dengan diinisiasi penandatanganan MoU. Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) yang bertajuk Program Generasi #GuruGemilang dengan tema “Menjembatani Dunia Bisnis dan Pendidikan: Pemberdayaan Pimpinan Sekolah (Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah) dan Guru Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” antara kedua pihak ini berjalan dengan lancar. Acara yang digelar pada Selasa, 19 Juli 2022 bertempat di Gedung Aula Dinas Pendidikan Kota Bandung. Acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Drs. H. Hikmat Ginanjar, M.Si. selaku kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung dan unsur pimpinan di Bidang Pembinaan & Pengembangan Pendidikan & Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Sedangkan dari tim GenEd sendiri dihadiri langsung oleh Direktur Utama GenEd, Anggaris Anggia Cininta.

Dalam kesepakatan tersebut, GenEd akan memberikan pelatihan keterampilan dan pengembangan diri bagi dua ratus tujuh puluh empat pimpinan sekolah (kepala sekolah dan wakil kepala sekolah) dan sekitar dua ratus lima puluh guru jenjang SD di lingkungan Kota Bandung dari tiga puluh sekolah yang membutuhkan. Kegiatan GenEd ini sejalan dengan prinsip kurikulum pemerintah yaitu Merdeka Belajar, dimana siswa-siswi diberikan kebebasan untuk mendalami bakat dan minatnya masing-masing. Kurikulum ini pun dirasa lebih fleksibel daripada kurikulum-kurikulum sebelumnya karena pembelajaran tidak hanya berfokus pada teoritis di kelas tetapi pengembangan softskill dan karakter siswa-siswi pun diharapkan dapat ditingkatkan. Guru pun dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi. Oleh sebab itu, penggunaan teknologi pembelajaran akan sangat dibutuhkan khususnya guna mempersiapkan generasi yang melek-teknologi dan mampu memanfaatkan teknologi.

Pada kegiatan ini, nantinya para peserta yang terdiri dari pimpinan sekolah dan para guru akan diberikan pelatihan kompetensi esensial di abad-21 ini. Kompetensi tersebut diantaranya kompetensi literasi informasi, literasi data, pemikiran desain, dan pola pikir kewirausahaan. Seluruh kompetensi ini telah disusun dalam sebuah rangkaian kegiatan khusus yang akan dimulai pada 12 Agustus 2022 hingga berakhir pada Juni 2023. Luaran dari rangkaian kegiatan ini, Dinas Pendidikan Kota Bandung dan GenEd berharap agar para guru dapat mengolah materi-materi yang disampaikan ke dalam metode pembelajaran di kelas, kegiatan-kegiatan kelas ataupun buku ajar agar siswa-siswi dapat juga meningkatkan softskill-nya di tengah perkembangan teknologi yang saat ini tengah terjadi. Dengan demikian, mereka akan lebih siap dalam menghadapi arus disrupsi dan dunia kerja nantinya.

Mari bergabung dengan GenEd dan sukseskan Program Guru Gemilang!